Book an appointment with MA Al Muddatsiriyah Global Islamic School
Tambahan 4-min

  1. Fokus dan Tujuan Bimbingan Konseling di Sekolah

Implementasi kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah menekankan komponen nilai dan sikap terkait dengan perkembangan diri, ketabahan dalam menghadapi tantangan hidup, dan bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukan oleh peserta didik. Pada tataran ini bimbingan dan konseling memiliki makna penting dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. Melalui proses bimbingan dan konseling, peserta didik diarahkan pada penguasaan sejumlah kompetensi yang selaras dengan kondisi fisik, intelektual, sosial, kepribadian, dan spiritual. Upaya bimbingan dan konseling memungkinkan peserta didik untuk mandiri, mengenal ciri-ciri dan menerima dirisendiri, mengenal dan menerima lingkungannya secara positif dan dinamis, mengarahkan diri sendiri secara efektif dan produktif, dan mampu merencanakan ke-hidupan masa mendatang yang lebih baik.

 

  1. Kegiatan Bimbingan Konseling

Ada pun layanan bimbingan konseling juga dibedakan dalam beberapa bidang antara lain:

  1. Layanan Dasar Bimbingan: Dimana bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan perilaku efektif dan meningkatkan keterampilan–keterampilan hidupnya.

 

  1. Layanan Bimbingan Responsif: Layanan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh siswa pada saat ini. Layanan ini lebih bersifat preventif atau mugkin kuratif. Isi layanan responsif adalah sebagai berikut:
  • Bidang Pendidikan: Pembahasan tentang pemilihan program studi di sekolah yang sesuai degan bakat, minat, dan kemampuan sertara pemilihan studi lanjutan untuk perguruan tinggi.
  • Bidang Belajar: Berupaya membantu siswa/i dalam pemilihan program studi di SMA yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, dan pemilihan program studi lanjutan di perguruan tinggi. Kemudian juga cara belajar efektif dan cara mengatasi kesulitan belajar.
  • Bidang Sosial: Layanan bimbingan konseling akan membantu mencari cara memilih teman yang baik, cara memelihara persahabatan yang baik dan cara mengatasi konflik dengan teman.
  • Bidang Pribadi: Topiknya adalah pembentukan identitas karier, pengenalan karakteristik, dan lingkungan pekerjaan, serta pembentukan pola karier.
  • Bidang Kedisiplinan: Hal yang sering menjadi pengenalan tata tertib sekolah dan pengembangan sikap serta prilaku disiplin.
  • Bidang Narkotika: Topiknya adalah pengenalan bahaya pengguna narkoba dan pencegahan terhadap bahaya narkotika.
  • Bidang Perilaku Sosial: Topiknya adalah pengenalan bahaya perilaku seks bebas, serta pencegahan perilaku seks bebas.

 

  1. Layanan Bimbingan Perencanaan Individual: Di sini layanan berupa bimbingan yang bertujuan untuk dapat membantu seluruh siswa dalam membuat dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikan, karir dan kehidupan sosial pribadinya. Ada pun tujuan utama dari layanan ini adalah membantu siswa untuk belajar memahami perkembangan dirinya sendiri, dan merencanakan serta mengimplementasikan rencana-rencana hidupnya. Ada pun  isi dari layanan perencanaan individual ini adalah sebagai berikut:
  • Bidang Pendidikan: Diskusi antar guru BK tentang perencanaan belajar dan perencanaan studi lanjutan.
  • Bidang Karir: Dimana layanan bimbingan konseling akan membantu dalam  perencanaan pekerjaan, perencanaan ,jabatan , perencanaan kunjungan ke perusahaan-perusahaan dan perencanaan waktu luang untuk kegiatan yang produktif.
  • Bidang Sosial Pribadi : Layanan bimbingan konseling yang membantu dalam hal perencanaan pengembangan konsep diri yang positif, serta perencanaan pengembangan keterampilan-keterampilan sosial yang tepat.