Nasyid

Kegiatan ekstrakurikuler nasyid adalah senandung atau lantunan lagu pujian yang mempunyai fungsi  menyebarkan kebesaran Illahi melalui hymne atau lantunan-lantunan lagu bertajuk Islami. Dibentuk pada tanggal …. dengan arahan …. sebagai pembina, eskul ini adalah salah satu kegiatan yang populer diminati para siswa dan siswi di MA-Al Muddatsiriyah. Bertujuan sebagai kegiatan yang dapat mendisiplinkan siswa melalui proses latihan, membentuk kerjasama dalam kelompok, serta membentuk peserta didik menjadi siswa yang kreatif dan mempunyai keterampilan dalam bernyanyi yang terbentuk pada aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, eskul ini juga banyak menjuarai perlombaan antar madrasah.

Hingga saat ini, kelompok nasyid MA Al-Muddatsiriyah selalu berpartisipasi dalam kegiatan festival nasyid di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional dan juga sering meraih prestasi yang baik pada setiap festival nasyid yang diikuti. Kenyataan ini telah mendorong bangkitnya minat siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nasyid. Namun tidak semua siswa-siswi yang berminat dapat ikut dalam kegiatan ini, melainkan siswa-siswi yang telah terpilih melalui seleksi terlebih dahulu, yaitu untuk kelompok Nasyid laki-laki dan 6 untuk kelompok nasyid perempuan. Siswa-siswi yang terpilih melalui seleksi ini adalah siswa-siswi yang dinilai memiliki kemampuan dan penguasaan teknik vokal yang baik serta kemampuan bernyanyi yang baik.

Ratoo Jaroh

Unik, menarik, rapih, dan kompak adalah ciri-ciri dari Tari Saman. Tarian khas Aceh ini memiliki keunikan. Selain gerakan penarinya yang kompak, juga terdapat harmonisasi dari lagu dan paduan suara yang mengiringinya. Hal ini membuat tari saman menjadi sangat terkenal. Bukan hanya di dalam negeri, tapi juga di seluruh dunia. Maka dari itu, menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Indonesia dalam bidang seni Tari, MA-Al Muddatsiriyah membentuk kegiatan ekstrakulikuler ini dengan arahan …. sebagai pembina, ekskul ini dibentuk pada tanggal …. bertujuan sebagai media pendidikan untuk mengembangkan motorik dengan fisik tubuh, sosial, inteligensi, emosi, daya cipta, dan estetika. Karena anak yang yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dapat mengontrol gerakan tubuhnya, mempunyai koordinasi baik, mampu bergerak dengan mudah, dan lancar dalam rangkaian gerakan, iramanya terkontrol dengan baik, serta mampu melakukan gerakan yang efisien sehingga kecerdasan kinestetik-jasmaninya akan berkembang optimal. Melalui kegiatan ekstrakurikuler tari diharapkan siswa dapat bertambah wawasan, pengetahuan, cerdas, dan terampil.